Jumpa lagi Sahabat Kabel.
Kali ini Guru Kabel akan berbagi info seputar penilaian
sikap. Yaitu penilaian antar teman.
Penilaian
antar teman merupakan bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk saling
menilai sikap dan perilaku keseharian temannya. Penilaian antar teman berfungsi
sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian yang dilakukan oleh pendidik.
Penilaian
antar teman paling baik dilakukan pada saat peserta didik melakukan kegiatan
berkelompok. Karena pada saat itulah peserta didik dekat dengan temannya dan
bisa mengamati temannnya secara langsung.
Instrumen
penilaian antar teman dapat berupa lembar penilaian antar teman yang berisi
“butir- butir pernyataan sikap positif yang diharapkan” dengan kolom “Ya” atau
“tidak” atau dengan menggunakan skala Likert.
FORMAT PENILAIAN ANTAR TEMAN DENGAN MODEL “YA” ATAU
“TIDAK’
Nama Teman yang dinilai :
………………………..
Nama Penilai :
………………………..
Kelas :
………………………..
Semester :
………………………..
Petunjuk : Berilah
tanda centang (√) pada
kolom “YA” atau “Tidak” sesuai dengan
keadaan yang sebenarnya.
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas.
|
|
|
2.
|
Teman saya tidak mengganggu teman yang beragama lain
ketika berdoa sesuai agamanya.
|
|
|
3.
|
Teman saya berani mengakui keslahannya.
|
|
|
4.
|
Teman saya menyelesaikan tugas tepat waktu
|
|
|
5.
|
Teman saya menghargai pendapat orang lain.
|
|
|
6.
|
Teman saya mengembalikan barang yang dia pinjam
|
|
|
7.
|
Teman saya meminta maaf ketika dia melakukan kesalahan.
|
|
|
8.
|
Teman saya datang ke sekolah tepat waktu.
|
|
|
9.
|
Teman saya mencium tangan guru ketika bertemu
|
|
|
…
|
…
|
|
|
Catatan : Pernyataan disesuaikan
dengan butir-butir sikap pada indicator yang dinilai. Pernyataan dapat diubah
atau ditambah sesuai dengan butir-butirsikap yang dinilai. Format tabel di atas
hanya sebagai contoh, satuan pendidikan dapat mengembangkan sesuai kebutuhan.
FORMAT PENILAIAN ANTAR TEMAN DENGAN MODEL SKALA LIKERT
Nama Teman yang dinilai :
………………………..
Nama Penilai :
………………………..
Kelas :
………………………..
Semester :
………………………..
Petunjuk : Berilah
tanda centang (√) pada
kolom yang sesuai dengan keadaan yang
sebenarnya.
Keterangan: TS = Tidak Setuju; KS = Kurang Setuju; S= Setuju,
SS = Sangat Setuju
No.
|
Pernyataan
|
TS
|
KS
|
S
|
SS
|
1.
|
Teman saya selalu berdoa sebelum melakukan aktivitas.
|
|
|
|
|
2.
|
Teman saya tidak mengganggu teman yang beragama lain
ketika berdoa sesuai agamanya.
|
|
|
|
|
3.
|
Teman saya berani mengakui keslahannya.
|
|
|
|
|
4.
|
Teman saya menyelesaikan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
5.
|
Teman saya menghargai pendapat orang lain.
|
|
|
|
|
6.
|
Teman saya mengembalikan barang yang dia pinjam
|
|
|
|
|
7.
|
Teman saya meminta maaf ketika dia melakukan kesalahan.
|
|
|
|
|
8.
|
Teman saya datang ke sekolah tepat waktu.
|
|
|
|
|
9.
|
Teman saya mencium tangan guru ketika bertemu
|
|
|
|
|
….
|
….
|
|
|
|
|
Catatan : Pernyataan disesuaikan
dengan butir-butir sikap pada indicator yang dinilai. Pernyataan dapat diubah
atau ditambah sesuai dengan butir-butirsikap yang dinilai. Format tabel di atas
hanya sebagai contoh, satuan pendidikan dapat mengembangkan sesuai kebutuhan.
Naahh... sesuai dengan catatan ya Sahabat Kabel, bahwasanya format di atas tidak baku, Sahabat Kabel bisa mengembangkan format tersebut sesuai dengan kebutuhan pengukuran sahabat kabel sendiri.
OK... semoga bermanfaat ya, kritik dan sarannya Guru Kabel tunggu lho di kolom komentar. Atau Sahabat Kabel mau ada request bahan? silahkan tuliskan di komentar saja yaa...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar