Salam Guru Kabel!
Have a nice teaching day rekan guru kabel semuanya. Tahukah anda bahwa Bangun Ruang yang baru namanya Skutoida? Ini dia!
Namun untuk tingkat SD terutama Kelas V. Materi Bangun Ruang yang dibahas sesuai Kurikulum 2013 cukup Kubus dan Balok saja. Setelah belajar menghitung Volume secara real lewat praktikum dan teori di kelas, saatnya kita mengakhir pembelajaran dengan sebuah penilaian harian.
Baiklah, berikut mimin posting soal Penilaian Harian Matematika Kelas V materi Bangun Ruang. Pada soal ini KD yang dibahas adalah Kd 3.5 dan 3.6 tentang menghitung volume bangun ruang Kubus dan Balok serta Jaring-jaringnya.
Berikut Pemetaan dan Kisi-Kisi serta Soal secara lengkap. Sila didownload dan dimodifikasi ya guru kabel!
PEMETAAN SOAL PH MATEMATIKA
KELAS
V.B SEM.2 T.A. 2019-2020
No
|
Mata Pelajaran
|
Standar kompetensi
|
Bentuk Soal
|
||||||||
PG
|
Isian
|
Esai
|
|||||||||
mdh
|
sdg
|
skr
|
mdh
|
sdg
|
skr
|
mdh
|
sdg
|
skr
|
|||
1
|
Matematika
|
3.5 Menjelaskan dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan
volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat
tiga
3.6 Menjelaskan dan menemukan jarring-jaring bangun ruang sederhana
(kubus dan balok)
|
3
3
|
1
1
|
1
-
|
2
1
|
1
1
|
1
-
|
2
1
|
1
1
|
-
-
|
|
|
|
6
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
-
|
Mengetahui, Padang, 3 Februari 2020
Ka SD Kabel Penulis
KISI –
KISI PENILAIAN HARIAN (PH) MATEMATIKA BANGUN
RUANG
TAHUN PELAJARAN 2019 -2020
Kelas : V ( Lima )
Mapel : Matematika
KD : 3.5 dan 3.6
No
|
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bentuk soal
|
No. Soal
|
1
|
Matematika
|
3.5 Menjelaskan dan menentukan
volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga
3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring
bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
|
1.
Mengidentifikasi
jumlah rusuk pada sebuah kubus
2.
Mengidentifikasi
perbedaan kubus dengan balok
3.
Menentukan jumlah kubus satuan
pada sebuah gambar kubus
4.
Menemukan
jumlah kubus satuan pada sebuah gambar balok
5.
Menemukan
volume sebuah kubus satuan pada balok rumpang
6.
Menemukan
volume kubus dengan panjang rusuk 8 cm
7.
Menentukan
volume balok pada sebuah gambar
8.
Menentukan
volume 2 buah balok berhimpitan
9.
Menentukan
panjang rusuk sebuah kubus yang diketahui volumenya
10. Menjelaskan volume sebuah kubus pada soal
cerita
11. Menjelaskan volume sebuah balok pada soal
cerita
12. Menjelaskan volume sebuah balok yang
diketahui volumenya pada soal cerita
13. Menentukan jaring-jaring kubus yang tepat
pada gambar
14. Menentukan jaring-jaring balok yang tepat
pada gambar
15. Menemukan jaring-jaring
kubus yang tidak tepat berdasarkan gambar
16. Menentukan jaring-jaring
balok yang tidak tepat berdasarkan gambar
17. Menjelaskan atap kubus pada sebuah
jaraing-jaring yang diketahui alasnya
18. Menjelaskan atap balok pada sebuah
jaring-jaring yang diketahaui alasnya
19. Menggambar jaring-jaring kubus
20. Menggambar jaring-jaring balok
|
PG
PG
PG
PG
PG
Isian
Isian
Isian
Isian
Essai/Uraian
Essai/Uraian
Essai/Uraian
PG
PG
PG
PG
Isian
Isian
Essai/Uraian
Essai/Uraian
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
|
KISI –
KISI PENILAIAN HARIAN (PH) MATEMATIKA BANGUN
RUANG
TAHUN PELAJARAN 2019 -2020
Kelas : V ( Lima )
Mapel : Matematika
KD : 3.5 dan 3.6
No
|
Muatan Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bentuk soal
|
No. Soal
|
1
|
Matematika
|
3.5 Menjelaskan dan menentukan
volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga
3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring
bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
|
1.
Mengidentifikasi
jumlah rusuk pada sebuah kubus
2.
Mengidentifikasi
perbedaan kubus dengan balok
3.
Menentukan jumlah kubus satuan
pada sebuah gambar kubus
4.
Menemukan
jumlah kubus satuan pada sebuah gambar balok
5.
Menemukan
volume sebuah kubus satuan pada balok rumpang
6.
Menemukan
volume kubus dengan panjang rusuk 8 cm
7.
Menentukan
volume balok pada sebuah gambar
8.
Menentukan
volume 2 buah balok berhimpitan
9.
Menentukan
panjang rusuk sebuah kubus yang diketahui volumenya
10. Menjelaskan volume sebuah kubus pada soal
cerita
11. Menjelaskan volume sebuah balok pada soal
cerita
12. Menjelaskan volume sebuah balok yang
diketahui volumenya pada soal cerita
13. Menentukan jaring-jaring kubus yang tepat
pada gambar
14. Menentukan jaring-jaring balok yang tepat
pada gambar
15. Menemukan jaring-jaring
kubus yang tidak tepat berdasarkan gambar
16. Menentukan jaring-jaring
balok yang tidak tepat berdasarkan gambar
17. Menjelaskan atap kubus pada sebuah
jaraing-jaring yang diketahui alasnya
18. Menjelaskan atap balok pada sebuah
jaring-jaring yang diketahaui alasnya
19. Menggambar jaring-jaring kubus
20. Menggambar jaring-jaring balok
|
PG
PG
PG
PG
PG
Isian
Isian
Isian
Isian
Essai/Uraian
Essai/Uraian
Essai/Uraian
PG
PG
PG
PG
Isian
Isian
Essai/Uraian
Essai/Uraian
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
2Mengetahui, Padang,
09 Maret 2019
|
PENILAIAN HARIAN MATEMATIKA BAB 4 KELAS V.B SEM 2
Kerjakanlah soal berikut dengan
teliti!
KD.3.5
1.
Perhatikan
gambar dibawah ini,
A.
6 c. 12
B.
8 d.
14
2.
Perhatikan
gambar dibawah ini,
Perbedaan
bangun kubus dengan balok terdapat pada…
a.
Jumlah sisinya
b.
Jumlah rusuknya
c.
Besar sudutnya
d. Panjang
sisi berhadapan pada balok sama panjang, sedangkan pada kubus semua sisi
panjangnya sama/kongruen.
3.
Perhatikan
gambar dibawah ini,
Jumlah kubus satuan pada gambar tersebut adalah..
a.
8 c. 2
b.
4 d.
16
4.
Jumlah kubus satuan pada balok tersebut adalah..
a.
2 c.
8
b.
4 d. 16
5.
Perhatikan
gambar dibawah ini
Jumlah kubus satuan yang terdapat pada balok rumpang
di atas adalah…
a.
12 c.
36
b.
30 d.
24
6.
Perhatikan bangun ruang berikut ini!
Volume kubus tersebut = … cm3
7.
Perhatikan
bangun ruang berikut ini!
Volume balok tersebut = … cm 3
8.
Perhatikan bangun ruang berikut ini!
Hitunglah jumlah volume kedua balok tersebut!
9.
Perhatikan bangun ruang berikut ini!
Jelaskanlah cara menghitung volume kedua bangun tsb!
10.
Tentukanlah berapa panjang rusuk sebuah Kubus
bila diketahui volumenya = 64 cm3!
11.
Sebuah box berbentuk balok diisi air sampai
penuh. Bila panjang box tersebut 4 m, lebarnya 3 m dan tingginya 2 m,
jelaskanlah berapa m3 volume box tersebut?
12.
Bila diketahui sebuah balok memiliki volume 12
cm3, lebar balok 2 cm, tinggi balok 3 cm, berapakah panjang balok tersebut?
KD.3.6
13.
Jaring-jaring kubus terdapat pada gambar…
14.
Jaring-jaring balok terdapat pada gambar…
15.
Yang bukan jaring-jaring kubus adalah…
16.
Yang bukan jaring-jaring balok adalah…
17.
Menurutmu, bila yang ditandai merupakan alas,
maka tutup kubus berada pada nomor…
18.
Bagaimana pendapatmu bila yang diarsir hitam merupakan
alas, maka tutup balok berada pada bagian berlambang…
19.
Gambarlah sebuah jaring-jaring kubus!
20.
Gambarlah sebuah jaring-jaring balok!
SELAMAT
MENGERJAKAN!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar